Senin, Maret 23, 2009

Jam Multifungsi Hemat Energi

Para pencinta lingkungan tentu tak ingin melewatkan benda satu ini. Gadget itu bernama H2O Multifunction Clock. Sesuai dengan namanya, jam tersebut menggunakan air (H2O) sebagai sumber energi pengganti baterai. Seluruh material penyusun jam itu berasal dari bahan yang bisa didaur ulang.

H2O sama sekali tidak membutuhkan listrik atau baterai untuk membuatnya bekerja. Lalu, bagaimana cara kerjanya? H2O Multifunction Clock menerapkan konsep elektrolisis. Yakni, semacam reaksi elektrokimia ajaib antara elektrode dan air yang bisa menghasilkan energi listrik.

Tidak hanya berfungsi sebagai penunjuk waktu, H2O Multifunction Clock masih mempunyai tiga fitur lain. Yakni, sebagai alarm, timer, plus penunjuk temperatur ruangan tempat ia diletakkan.

Cara memindahkan dari satu fitur ke fitur lain pun cukup unik. Jangan harap kamu bisa menemukan tombol untuk dipencet-pencet. Pengguna tinggal memutar-putarnya saja. Setiap dirotasikan 90 derajat, layarnya akan menunjukkan masing-masing fitur berbeda tadi. Asyik kan? (pna/bs/kkn)

Tidak ada komentar: